Agnes Monica


  Vocal Profile


Tipe Vokal : Lyric Soprano

Vocal Range : D3 ~ B6

Supported Range : G#3 ~ B4/C5


Vocal Analysis


Register Vokal

Lower Register:

Di bawah G#3 airy dan tidak connected, tapi setelahnya mulai ter-support.

Middle Register:

Bisa men-support B4(terkadang sampai C5) tetapi nada setelahnya mulai dipaksakan.

Upper Register:

Belum ter-support dengan baik, sehingga larnyx masih tertekan.

Upper Extension:

Sering menggunakan falsetto, Head Voice belum dilatih.

Kelebihan/Pencapaian

Bisa men-support nada di antara G#3 ~ B4/C5. Sering menunjukkan musicianship, tidak takut untuk mengubah nada – nada di dalam lagu yang dinyanyikannya. Intonasinya bagus. Bisa menaikkan soft palate-nya, sehingga suaranya tidak nasal dan mixing-nya lebih jelas.

Kelemahan

Belum pernah menghasilkan resonance. Nada di atas B4 mulai dipaksakan. Belum memiliki head voice. Nada rendah belum sepenuhnya connected yang menyebabkan airyness.

Agility

Suaranya tidak cepat, banyak run, riff dan melisma yang berantakan.

Musicianship

Sering menunjukkan musicianship.

Kesimpulan

Suara Agnes Monica termasuk instrumen yang ringan, yang membuatnya memiliki tipe vokal Light Lyric Soprano. Tone suaranya bright dan warm, ciri-ciri utama suara lyric. Karena suaranya yang ringan, Agnes bisa menyanyikan nada-nada tinggi soprano. Anehnya banyak yang menggolongkan tipe vokal Agnes sebagai mezzo-soprano, padahal suaranya tidak tidak berat sama sekali seperti Beyonce, Barbra dan lain-lain. Meski memiliki suara yang ringan nada di atas B4 mulai dipaksakan. Breath Support Agnes belum terlatih yang membuat larnyx-nya tertekan dan nada-nada tingginya dihasilkan dengan closed-throat. Meski begitu Agnes mempunyai intonasi yang bagus, yang membuatnya bisa menyanyikan nada-nada dengan tepat secara live. Agnes juga mempunya mixed voice range yang extensive, meskipun shaky karena kurangnya breath support dan bisa memproduksi vibrato natural di dalam supported range-nya.


Rating


Vokalis Di atas Rata-Rata ~ Rata-Rata

Advertisements

39 thoughts on “Agnes Monica

  1. aku kira, agnes itu bukan rata rata. open throat sampai ke Eb5 kadang, terus memang ada run yang berantakan. tapi beberapa run dia bagus. terus, dia punya skill buat ngubah versi lagu dan itu terjadi sangat sering dan bagus. terus lagi, dia bisa belt sampai Bb5. mixed registernya sangat extensive tapi kenapa tidak di cantumkan?
    terus, dia juga gak memaksakan vibranya. terus, satu lagi, kadang dia juga nunjukin transisi dari belt ke head atau sebaliknya dengan baik….

    Like

    • Agnes memang (di atas rata-rata ~ rata-rata) harusnya karena bisa nge-support B4/C5. Memang ada momen open-throat di range (C#5~Eb5) tapi lebih banyak momen closed-nya dari open-nya, jadi agak ragu klo mau dimasukkin ke supported range-nya. Tapi bakal tetap dimasukkin ke analisisnya kok, belt sampai Bb5-nya dan vibrato-nya juga. Tapi klo transisi dari head ke chest, vice versa dan kemampuan musicianshipnya mengubah lagu belum pernah dengar, ada link videonya???

      Like

      • sip, emang sih, aku gak tau seberapa konsistennya open throat di Eb5 soalnya aku kurang ngikutin.
        tapi, aku pernah denger kok… jadi, emang aku gak tau masuk tessitura apa enggak…

        terus, ngubah lagu, aku dengar pas dia nyanyi lagu cinta mati live di indonesia idol angkatan regina sean. em, dia sering kok dia ngubah lagu.. jadi dia emang punya musicianship..

        transisi? beberapa penampilanya di karena ku sanggup… aku gak tau pas perform dimana…

        terus satu lagi… run dia pernah beberapa kali bagus…

        jadi menurutku, agnes in somewhere above average

        Like

  2. Kompeten

    Satu register terlatih dan dua lagi kurang terlatih, terkadang tiga register tersebut seimbang
    Tersupport dengan konsisten di jangkauan supportnya
    Intonasi tidak sempurna, lumayan sering fals
    Tone suara yang baik tidak selalu dipertahankan, ketegangan lumayan sering

    Diatas Rata-Rata

    Satu register yang agak terlatih dan dua register lainnya masih lemah
    Tidak konsisten dalam beresonansi
    Meskipun di jangkauan supportnya, ketegangan masih ditunjukkan
    Nada sengau masih ditunjukkan
    Masalah intonasi sering terjadi

    agnes
    register : memang gak ada yang baguus sekali. tapi, tidak ada yang terlalu buruk
    resonansi : aku kurang tau
    konsisten di supported range
    intonasi baik
    tidak nassal, musicianship, pernah berhasil run walau tidak selalu konsisten’

    ternyata sekitar, kompeten?
    Do CMIIW

    Like

    • Agnes memang punya beberapa kriteria yang lebih dari Vokalis Rata-Rata. Tapi ada satu yang membuat Agnes tidak bisa lebih dari Di Atas Rata-Rata ~ Rata Rata, yaitu resonansi. Resonansi itu gabungan dari beberapa teknik yang baik seperti Open-Throat, Breath Support yang baik, Placemnet dan mixing yang bagus dll. Dan untuk menjadi Vokalis Di Atas Rata-Rata ataupun Kompeten harus bisa beresonansi lebih dari dua kali meskipun memang tidak konsisten. Jadi Agnes lebih cocok di bawah Di Atas Rata-Rata, tapi kalau kita bandingkan dia dengan penyanyi Rata-Rata beberapa kriteria dia lebih bagus, dan tidak bisa dikatakan Rata-Rata. Yah paling cocok sih Di Atas Rata-Rata ~ Rata-Rata

      Like

      • Maaf, saya rasa anda hanya menilai agnes sekilas.. anda mengatakan agnes kurang terlatih dalam head voice.. nyatanya dia bisa menggunakan tekhnik head voice dengan baik hingga nada f6 f#6 g#6 yg pernah saya dengar..

        Like

    • Jelas Agnes, tapi bedanya ga jauh. Agnes pernah menunjukkan momen open-throat dan banyak produksi nada yang oke lah, ga bagus ga jelek, relaxed. Klo Christina Aguilera jarang banget, C5-nya aja nge-strain. Christina kan lyric mezzo, seharusnya kan chest voice nya supported, tapi malah foggy dan ga well projected.

      Like

      • C5 Xtina strain? Apa sesering itu kah min? Klo mmg suaranya foggy? Itu kan mmg cirikhas xtina kan min karna suaranya terlalu berat, bener kan min? Apa itu jd poin buruk ? Tapi maaf ya min klo mnurutku bagusan Christina daripada agnes. Banyak kelebihan dia dan aku jg suka bgt ama agnezmo, pada awal karier agnezmo itu agnezmo sering liat xtina jd role modelnya. Tapi mmg Agnezmo penyanyi terbaik juga kok, fans aku ama dia.

        Like

      • Yup, xtina sering nge strain dari C5 ke atas. Memang sih belakangan ini less strained karena lebih tersupport sedikit tapi masalah tongue tension sama high larnyx masih ada. Klo menurut klasifikasi fach, tidak ada satupun karakteristik suatu tipe vokal yang chest voicenya foggy. Fogginess disebabkan oleh pita suara yang loose/ ga bersentuhan maksimal sehingga banyak udara yang lewat karena pita suara tidak tersupport dengan baik. Ini salah satu poin buruk dari dia, karena dia kan mezzo-soprano dan mezzo terkenal dengan kualitas chest voice yang bagus seperti beyonce, miley dan rihanna. Bahkan soprano-soprano pun chest voice nya banyak yang well developed seperti Mariah Carey meskipun dia salah satu soprano teringan (Lyric Coloratura Soprano). Gpp kok klo lebih suka Christina, saya ga ada hak buat ngelarang. Saya juga suka beberapa lagu dia dan sebenarnya ga benci juga, yah cuma klo secara objektif teknik nya harus dilatih lagi. Lagi pula klo teknik nya kurang bagus bukan berarti kita harus ga suka kan? Dan begitupun sebaliknya.

        Terimakasih sudah berbagi pendapat di sini!!!

        Like

  3. Sebagai orang yg awam dan cuman penikmat musik, ternyata bikin penasaran juga baca analisis kayak gini sekalian bisa belajar.

    Btw, saya cukup suka dengan lagu2 dari agnes terutama untuk yg ballad macam Rindu dan Karena Ku Sanggup, pertama kali dengar saya langsung takjun terutama bagian bridge yg menunjukan nada yg tinggi itu (sy tidak tau namanya apa lol), menurut anda itu dikategorikan suara apa ya? Karena untuk penyanyi indonesia rasanya saya baru mendengar itu dari Agnes. Untuk di lagu Karena Ku Sanggup, penampilan live nya menurut saya lumayan baik, tapi untuk Rindu, bagian itu kadang2 terlalu memaksakan. Dan apakah menurut anda agnes adalah penyanyi yg menyanyi dengan benar? Karena saya sering melihat dia seperti memaksakan nada tinggi, sampai menunjukan otot dan urat leher yg menegang, sehingga bagi orang awam terkesan seperti orang berteriak. Mohon penjeleasannya ^^

    Oh iya sekesar info, kalau anda penasaran dengan musicianship agnes mungkin coba lihat di youtube, agnes cinta di ujung jalan live Indonesian Idol, menurut saya dia sangat berani dalam mengubah aransemen lagu tersebt karena terasa sangat berbeda.

    Like

    • Yang @02:25??https://www.youtube.com/watch?v=K6HRXGFB8iA klo iya itu falsetto (F6) masih bukan whistle. Iya, belum ada penyanyi selain agnes di Indonesia yang pernah saya dengar nyanyi setinggi itu. Iya, di lagu rindu ada banyak nada tinggi yang belum bisa dia handle, nada yang bisa dia nyanyikan dengan benar secara konsisten hanya sampai B4/C5 di atas itu masih memaksakan dan terkesan shouty, tapi saya pernah denger open Eb5 tapi lupa performance apa.

      Iya, musicianship nya bagus dan kreatif juga. Tetapi secara teknik masih banyak yang kurang di performance itu

      Terimakasih atas komennya 🙂

      Like

  4. This design is spectacular! You obviously know how to keep a reader entertained. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Fantastic job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!|

    Liked by 1 person

  5. masa sih cuma sampe B4 kadang C5?

    agnes secara konsisten support sampe D5, main resonansi vocal yg besar di C5~C#5, resonansi mengecil sampe D5. untuk Eb5 keatas udah mulai strained. mohon di update ya ^^

    Like

    • Yup memang benar ada support di nada C5-C#5. Agnes memang berusaha untuk men-support nada-nada tersebut tapi entah kenapa tetap saja ada tension di laring dan pharynx kurang open untuk bisa beresonansi.

      Like

      • Kalo bicara soal support sebenarnya agnes masih bisa support sampai D5. Tapi kalo bicara soal resonansi atau nggaknya disekitar nada A4 ~ C#5 dia sangat konsisten resonansinya.. coba deh kamu liat di youtube yg live performance, resonansi terbesar dgn dukungan vibra bulet banget ada di C5~C#5.

        Kalo aku bilang jenis suara agnes ngga light lirik, dia lebih ke full lirik. Karena apa? dia masih bisa main vocal run di nada E5 ~ F#5 biarpun strain banget, mixed voice pun bisa dia pushing sampe Bb5 walaupun tight & strained banget.

        Like

      • Sebenarnya C5/C#5 agnes juga bisa resonant karena ada supportnya, tapi karena agnes ga menerapkan teknik open-throat jadi ga ada acoustical space buat resonancenya. Bahkan nada-nada tersebut belum bisa disebut benar-benar tersupport karena masih ada tension. https://youtu.be/R2vC0b0t5QM coba bandingkan C5 dan C#5 resonant yang ada di video tersebut lalu bandingkan dengan punya agnes. Vibrato belum bisa menentukan adanya resonance secara pasti, karena banyak juga penyanyi yang nge-strain tapi masih bisa memproduksi vibrato yang lancar. Untuk saat ini memang analisis agnes yang paling rendah, tapi tunggu aja ariana akan ikut menemani kok.

        Suara agnes masih terlalu ringan untuk bisa digolonglan sebagai full lyric tapi terlalu berat juga untuk light lyric. Maka dari itu suara agnes digolongkan menjadi lyric saja karena ada diantara light dan full seperti demi lovato. Baru sadar di analisisnya light lyric belum diganti lyric, sorry.

        Kalau masalah agility untuk run riff melisma semakin ringan suara seseorang semakin agile suaranya. Jadi justru light lyric lah yang bisa lebih luwes main vocal run dan mempunyai lebih banyak ease di upper register.

        Like

      • Dibeberapa kesempatan hampir 85% agnes mensupport C#5 sejauh yg saya lihat di youtube, contoh saja di performance di cinta mati dan cinta diujung jalan, agnes benar benar mensupport, open throat dan resonansi di C#5, memang terkadang hanya open throat saja. tapi tetap saja dia masih konsisten di C#5. Untuk video di link kamu juga penyanyi pada C5~C#5 memakai style opera membuka mulut lebar lebar jelas lebih bisa open throat apalagi soprano. Masalah ketidak konsistenan itu sangat manusiawi. jadi adakalanya kita gagal dalam beberapa kesempatan tapi selama itu hanya beberapa kali saja masih tertolong. itu hal biasa.

        selain itu ada faktor lain mengingat gaya bernyanyi R&B agnes yg cukup unik, masalah open throat / resonansi apa tidak di nada C#5 menurut saya itu masalah style dalam bernyanyi, secara teknik vokal memang open throat itu bagus, tapi kadang kita juga merasa style bernyanyi itu ngga selalu sejalan dengan “bernyanyi dengan benar” seperti yg sering diterapkan di musik opera atau koor musik yg membuka mulutnya lebar lebar untuk bisa meresonansi dinding2 tenggorokan. saya yakin jika agnes mau / sengaja mau bernyanyi seperti opera / koor aku boleh bertaruh dia mampu beresonansi setidaknya sampai Eb5/E5 apalagi dia punya ciri kas full lirik soprano yg kuat.

        Agnes menurutku lebih ke full lirik, kemampuan dia memproduksi tone yg light di mixed voice udah ketahuan kok. kalo kamu pernah dengar suara full lirik soprano seperti sohyang, Eunji Apink, Solji Exid nah mereka punya kemampuan yg sama dalam membuat mixed voice mereka lebih light, sehingga mereka bisa meraih nada tinggi dengan mudah daripada light lirik (harusnya) dengan mengesampingkan open throat dan resonansi lho ya.

        oh iya vocal run ngga 100% ngaruh dari vocal type. banyak light lirik soprano yg sangat buruk sekali vocal run nya, alhasil sloppy sloppy gitu. dan ada pula full lirik yg kurang bagus vocal run nya. semua tergantung dukungan otot otot sekitar pita suara, diafrahma dan juga stamina.

        Like

      • Saya sudah lihat lagi performance cinta mati dan di ujung jalan, tetap saja saya tidak menemukan C#5 yang resonant atau bahkan opened.

        Well, penyanyi yang pertama memang classically trained dan dia salah satu contoh full lyric tapi yang kedua hanya penyanyi broadway biasa yang tidak pernah dilatih vocal coach/self taught. Mereka memakai teknik belting sama seperti teknik nyanyi agnes dan bukan operatic style ataupun opera projection. Bahkan banyak penyanyi-penyanyi opera yang bilang kalau belting dan opera projection perbedaannya jauh. https://youtu.be/7yVU769cHEw ini contoh opera projection.

        Salah satu syarat untuk menghasilkan acoustic resonance adalah harus adanya acoustical space yang cukup yang berarti mulut harus dibuka lebar untuk beresonansi. Tapi yang harus dibuka bukan mulut bagian depan tapi bagian belakang yaitu pharnyx. Inilah mengapa agnes belum bisa menghasilkan resonance Contohnya seperti di link video tersebut, isyana masih bisa menghasilkan resonance meskipun tidak membuka lebar mulutnya. Hanya dibuka lebar saat menyanyikan open vowel dan nada yang disustain.

        Memang benar penyanyi tidak bisa selalu konsisten setiap saat. Tapi yang bisa ditolerir hanya saat penyanyi tersebut dalam kondisi yang tidak optimal. Kalau penyanyi tersebut tidak sedang sakit dan organ pernapasan dalam keadaan optimal kan tidak masuk akal juga kalau vokal yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang baik. Semua kualitas vokal yang kurang baik saat penyanyi dalam keadaan optimal itu murni kesalahan teknik.

        Teknik belting di semua genre itu sama, kecuali penyanyi rock yang memakai teknik overdrive.

        Okelah kalau begitu kita bandingkan dengan C5 dan C#5 Beyonce yang merupakan penyanyi rnb. https://youtu.be/ii1502epYow terlihat jelas kan bedanya?

        Yup memang kebalikan dari teknik itu stylistic. Penyanyi dengan teknik yang bagus pun juga dapat memakai stylistic. Tapi kalau seorang penyanyi selalu menyanyikan C#5 dengan closed throat dan tidak pernah dengan open-throat, itu bukan stylistic tapi memang tidak bisa.

        Semua tipe vokal dapat memanipulasi mixed voice lightness dengan menambah headiness tidak hanya full lyric saja. Dan no, meskipun full lyric menggunakan heady mix sekalipun mereka tidak bisa mencapai nada tinggi lebih mudah daripada light lyric. Pita suara yang lebih tipis dapat memproduksi nada tinggi lebih mudah daripada pita suara yang lebih tebal. Logis bukan? Lagipula vocal fach salah satunya dilihat dari vocal size bukan mix voice lightness.

        Memang, teknik juga mempengaruhi. Tetapi light lyric soprano dengan run yang sloppy masih lebih luwes jika dibandingkan dengan dramatic soprano dengan run yang juga sloppy. Kecuali dramatic soprano tersebut seorang coloratura. Dengan kata lain lyric dan dramatic dengan kemampuan teknik yang sama mempunyai agility yang berbeda, yaitu lyric lebih agile.

        Like

      • Jadi saran saya :

        1. update lah support range nya menjadi G#3 ~ C#5

        2. update pada kelemahan, agnes beberapa kali melakukan resonansi, dengan resonansi terbaik di jangkauan C5 ~ C#5. yang kedua agnes beberapa kali menggunakan head voice, dan ketahuilah nada E6/F6 nya dia itu adalah headvoice, itu baru satu contoh loh ya.

        3. Pada agility (ketangkasan dalam vocal), agnes mempunyai vocal run yg cukup baik. ini agak ngga masuk akal kalo kamu bilang suaranya tidak cepat, padahal vocal run di middle register adalah makanan dia loh.. wkwkwk..

        oke sekian, thanks.

        Like

      • 1. Masih belum ada C#5 agnes yang benar benar supported.
        2. Agnes belum pernah menghasilkan C5/C#5 yang resonant dan E6/F6 yang dia hasilkan itu falsetto
        3. Makanan dia bukan berarti vocal rum sudah dia kuasai. Demi lovato juga sering run riff melisma di middle register tapi tetap saja tidak agile dan berantakan.

        Like

  6. 1. F6 pake falset?aku kira pake head, agnes punya teknik whistle gk sih?
    Di lagu apa agnes bisa sampe B6? B6nya itu juga pake falset?

    2. nah saya mau tanya diluar agnes ni gan
    kalo nada tingginya vitas di lagu opera2 yang nyampe C7 itu pake falset/mixvoice?

    3. Nanya satu lagi gan, kalo nada tingginya nicola sedda di lagu i wasnt scared itu kalo gak salah pake head ya atau mixvoice?
    dan juga suara tertingginya kok bisa sampe A9 itu emang dah dari sananya bisa atau emang bisa dilatih, misal dulu gk bisa nyampe A9 trs karna ngelatihnya dipaksain sampe ke A9 trs jadi lama2 bisa, gitu bisa gk sih gan?

    4. Mariah carey sopran ya? Aku kira alto soalnya chest voicenya berat dan dia jg punya nodule jd lebih mengarah ke alto tp dia spesial itu maybe?

    5. Kalo teknik whistle tu nglatihnya gmn gan? Soalnya aku bisa kadang2 tp gk tau nglatihnya gmn dan itupun kalo aku bisa,aku ngerasa suaraku berat bgt dan bisa nyampe nada E2-G4(chest voice). Normalnya suaraku gk serendah itu tp gk tau kenapa bisa tiba2 suara jd berat bgt dan juga kata temen2 disklhku ak cowo yg suaranya cempreng haha, jd vokal rendeh normalku itu sekitar G#2 kadang G2,
    kalo tertinggi sampe A6(pake teknik whistle yang kadang2 bisa itu hehe) oh iya kalo dari E2-A6 itu brp oktaf gan?

    Thanks banget

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s